25 Juni 2019

Mendikbud Imbau Anak Muda Ciptakan Cerita Rakyat Baru

Mendikbud Imbau Anak Muda Ciptakan Cerita Rakyat Baru

Jakarta, Kemendikbud — Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan menyerahkan penghargaan kepada para pemenang Lomba Penulisan Cerita Rakyat, Lomba Komik Budaya, dan Lomba Esai Budaya Damai Tahun 2015. Dalam sambutannya Mendikbud mengimbau generasi muda Indonesia untuk menciptakan cerita-cerita rakyat yang baru karena kehidupan masyarakat juga berkembang dan dinamis.
“Cerita rakyat yang kita miliki juga harus tumbuh dan berkembang sesuai dengan zaman sekarang. Jika cerita rakyat itu statis maka anak-anak kita justru akan mengkonsumsi cerita-cerita dari budaya lain karena dari budaya kita yang muncul ceritanya itu-itu terus,” katanya dalam acara pemberian penghargaan pemenang Lomba Penulisan Cerita Rakyat, Lomba Komik Budaya, dan Lomba Esai Budaya Damai Tahun 2015 di Jakarta, Rabu (11/11/2015).
Mendikbud juga mengajak para generasi muda untk mengekspresikan tulisan mereka dalam bentuk virtual sehingga bisa dikirimkan ke berbagai penjuru dunia. Ia mengatakan hal tersebut penting karena tulisan dalam bentuk virtual akan mudah diakses siapapun dan di manapun. Terkait penggunaan bahasa yang berbeda-beda di berbagai negara, ia mengatakan tidak perlu mengkhawatirkannya, karena di masa mendatang alat-alat penerjemah akan semakin canggih sesuai perkembangan teknologi.
“Izinkan masyarakat dunia membaca dan mengagumi karya-karya anak muda Indonesia. Dunia berubah dengan cepat. Jangan sampai saat dunia menengok ke Indonesia, tidak ada karya yang bisa ditunjukkan,” tuturnya.
Karena itulah, lanjut dia, Kemendikbud menyelenggarakan Lomba Penulisan Cerita Rakyat, Lomba Komik Budaya, dan Lomba Esai Budaya Damai Tahun 2015 untuk memberikan apresiasi kepada mereka yang berkarya dengan menulis cerita rakyat, membuat komik, dan menulis esai budaya. “Indonesia ini punya banyak sekali kekayaan budaya,” ujarnya.
Juara I Lomba Penulisan Cerita Rakyat Kategori Anak/Remaja diraih Noni Saptawati dengan karya berjudul “Misteri Banteng Wulung”. Sedangkan Juara I Lomba Penulisan Cerita Rakyat Ktegori Umum/Dewasa diraih Sabir dengan karya berjudul “Nenek Mallomo, Lelaki itu, dan Sepotong Kayu yang Bersandar”.
Juara I Lomba Komik Budaya Damai Kategori Anak/Remaja diraih Bagus Aji Pamungkas dengan karya berjudul “Negeriku Tercinta Indonesia”. Sedangkan Juara I Lomba Komik Budaya Damai Kategori Pemuda diraih Tati Nuari dengan karya berjudul “Pelangi”.
Sementara itu, Juara I Lomba Esai Budaya Damai diraih Kukuh Purwanto dengan karya berjudul “Perihal Toleransi: Upaya Menjadi Rahmat bagi Semesta”. Nama-nama pemenang selengkapnya bisa dilihat di tautan berikut: Pemenang Lomba Penulisan Cerita Rakyat, Komik Dan Essai Budaya Damai Tahun 2015.pdf . (Desliana Maulipaksi)


Tidak ada komentar untuk berita/informasi ini.
Tinggalkan Komentar

Alamat Kami

LPMP Bengkulu
Jl. Zainul Arifin No.2,Singaran Pati,Kota Bengkulu, Bengkulu 38229,Indonesia
+62 736 26848
Website : http://www.lpmpbengkulu.net

Random News
50GURU KELAS N MAPEL.png

REKAP GURU KELAS DAN MAPEL PROVINSI BENG...

Ditulis Pada : 08 Agustus 2016
22P_20171008_162410.jpg

BIMBINGAN TEKNIS SISTEM PENJAMINAN MUTU ...

Ditulis Pada : 15 Oktober 2017
13outbon.jpg

OUTBOUND LPMP BENGKULU DI AKHIR TAHUN 20...

Ditulis Pada : 27 Desember 2016
Statistik Pengunjung
304552
Pengunjung hari ini : 3
Total pengunjung : 101083
Hits hari ini : 19
Total Hits : 304552
Pengunjung Online : 1
Facebook Like