11 Desember 2017

Profil LPMP Bengkulu

SEJARAH SINGKAT LPMP BENGKULU

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Bengkulu pada awalnya bernama  Balai Penataran Guru (BPG) Bengkulu berdiri pada tahun 1992  yang berlokasi di Jalan  Zainul Arifin Nomor 02 Kota Bengkulu, dipimpin pertama kali oleh Drs. Suwarna sampai tahun 1995. Setelah Drs. Suwarna pensiun, tahun 1995 terjadi pergantian pimpinan ke Drs. Zairin Rasul, M.M. Seiring dengan bertambahnya peran Balai Penataran Guru, berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor 087/0/2003 tanggal 4 Juli 2003 tentang Organisasi dan Tata kerja LPMP,  dilakukan restrukturisasi dan refungsionalisasi fungsi dan peran dari Balai Penataran Guru (BPG) menjadi Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP).  LPMP perubahan nama sekaligus fungsi dari BPG sebagai Badan Pelatihan berubah pula fungsi menjadi Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan(LPMP) yang fokus pada pendataan, pemetaan dan supervisi, serta fasilitasi terhadap pendidik dan tenaga kependidikan.  Pada tahun 2004, Drs. Zairin Rasul pensiun dan digantikan oleh Drs. Sauki TD, M.M. yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala LPMP Provinsi Lampung. 

Pada tahun 2004  inilah terjadi perubahan nama dari Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan ke Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan. Pada Tahun 2007  dikeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan yang merupakan unit pelaksana teknis Departemen Pendidikan Nasional. LPMP dipimpin oleh seorang Kepala yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dirjen PMPTK) yang kemudian terjadi restrukturisasi di lingkungan Depdiknas maka LPMP Berada di bawah Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP)

Kemudian  pada tahun 2008   Drs. Sudirman AS, M.Pd., M.M. ditugaskan menjadi   kepala LPMP Provinsi  Bengkulu yang sebelumnya merupakan kepala LPMP  Provinsi Riau. Beliau memimpin  sampai tahun 2009. Setelah Drs. Sudirman, M.Pd., M.M berakhir masa kepemipinannya hingga sekarang tahun 2016 LPMP Provinsi Bengkulu dipimpin oleh Sa’adah Ridwan, M.Pd  yang sebelumnya bertugas sebagai tenaga fungsional Widyaiswara LPMP Bengkulu.  Setelah dikeluarkan Permendiknas Nomor 7 Tahun 2007  maka dalam rangka penataan unit pelaksana teknis di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,  maka  Menteri Pendidikan mengeluarkan Peraturan terkait dengan organisasi dan tata kerja LPMP  yaitu Peraturan Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nomor 37  Tahun 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan.

LPMP, adalah unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.  LPMP dipimpin oleh seorang Kepala yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan yang memiliki tugas melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan kesetaraan pendidikan dasar dan menengah di Provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan terbentuknya  3 Provinsi baru yang merupakan hasil pemekaran yaitu Provinsi Papua Barat, Provinsi Kepulauan Riau,  Sulawesi Barat dan dalam rangka  penjaminanmutu pendidikan dasar dan menengah di  tiga Provinsi tersebut maka dikeluarkan  Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2013 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 37 Tahun 2012 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga  Penjaminan Mutu Pendidikan.

Pada Tahun 2016 terjadi lagi restrukturisasi di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, LPMP yang sebelumnya berada dibawah BPSDM-PMP, menjadi di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menangah (Dirjen Dikdasmen) Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2015 terkait dengan organisasi dan tata kerja LPMP.

 

B. VISI, MISI,  TUPOKSI  LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (LPMP)  PROVINSI BENGKULU

 

VISI

 

“Menjadi Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah yang berstandar nasional dan berdasarkan semangat Gotong Royong di Provinsi Bengkulu.”

 

 MISI

Berdasarkan Permendikbud  Nomor 14  Tahun 2016 tentang  Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Permendikbud  Nomor 16  Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, misi LPMP adalah:

 

  1. Mengarahkan pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah di Provinsi sesuai standar nasional pendidikan;
  2. Memfasilitasi peningkatan manajemen dan kinerja satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah di Provinsi.
  3. Melakukan pemetaan, pengkajian, dan pengembangan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di Provinsi.
  4. Membangun kerjasama dengan instansi terkait dalam usaha pengembangan mutu pendidikan di Provinsi.

 TUPOKSI

LPMP mempunyai tugas Melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah di Provinsi berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Fungsi

  1. Pemetaan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah
  2. Pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah;
  3. Supervisi  satuan  pendidikan  dasar  dan  pendidikan  menengah  dalam pencapaian standar nasional pendidikan;
  4. Fasilitasi peningkatan mutu pendidikan terhadap satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah dalam penjaminan mutu pendidikan;
  5. Pelaksanaan kerja sama di bidang penjaminan mutu pendidikan; dan
  6. Pelaksanaan urusan administrasi LPMP.

 

  1. C.        STRUKTUR ORGANISASI LEMBAGA

Berdasarkan Permendikbud  Nomor 14  Tahun 2015 tentang  Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Permendikbud  Nomor 16  Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan terdiri  dari:

  1. Kepala;
  2. Subbagian Umum;
  3. Seksi Sistem Informasi;
  4.  Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi;
  5.  Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan; dan
  6.  Kelompok Jabatan Fungsional

 

 Bagan 1:  Struktur Organisasi LPMP Provinsi Bengkulu (Permendikbud No. 14 Tahun 2016)

 

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, Kepala LPMP dibantu oleh Subbag Umum, tiga Seksi, dan Tenaga Fungsional yang masing-masing memiliki tugas dan fungsi sebagai berikut:

a)   Subbagian Umum mempunyai tugas melakukan urusan perencanaan, program, anggaran, kepegawaian, ketatalaksanaan, ketatausahaan, dan kerumahtanggaan LPMP.

b)   Seksi Sistem Informasi mempunyai tugas melakukan pengembangan dan pengelolaan sistem informasi mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan kesetaraan pendidikan dasar dan menengah.

c)    Seksi Pemetaan Mutu dan Supervisi mempunyai tugas melakukan pemetaan mutu dan supervisi satuan pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan kesetaraan pendidikan dasar dan menengah dalam pencapaian standar mutu pendidikan nasional.

d)   Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan mempunyai tugas melakukan fasilitasi dan kerja sama peningkatan mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan kesetaraan pendidikan dasar dan menengah dalam pencapaian standar mutu pendidikan nasional.

Menurut Permendikbud Nomor 14  Tahun 2016, LPMP dikoordinasikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dan menyampaikan laporan hasil pemetaan mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah dan pendidikan kesetaraan dengan tembusan kepada unit organisasi yang secara fungsional berhubungan kerja dengan LPMP. Disamping itu diwajibkan LPMP menyampaikan hasil pemetaan mutu tersebut kepada pemerintah kabupaten/kota dan pemerintah Provinsi.  Dalam pelaksanaan tugas LPMP melaksanakan tugas sesuai dengan Permendikbud Nomor 14  Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja LPMP yang menjadi pengganti Permendikbud sebelumnya No. 37 Tahun 2012.

  1. D.       SUMBER DAYA MANUSIA

LPMP Bengkulu dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi nya di dukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kapabilitas yang memadai dari setiap seksi dan subbag, untuk mengetahui sumberdaya manusia yang ada dapat dilihat dalam tabel di bawah ini:

Tabel 1.1 Sumberdaya Manusia Berdasarkan Spesifikasi Jabatan

No

Jabatan

Jumlah

Ket

1

Pejabat Struktural

5 orang

Kepala dan 4 Kasi/Kasubbag.

2

Widyaiswara

14 Orang

 

3

Pegawai Struktural

88 Orang

 

4

Tenaga Honorer

22 Orang

 

Jumlah

129  Orang

 

 

Dari tabel diatas dapat di jelaskan bahwa LPMP Bengkulu memiliki 5 pejabat struktural yang terdiri dari 1 kepala yang dibantu oleh 4 Kasi/kasubbag, sementara untuk jabatan fungsional widyaiswara berjumlah 16 orang yang memiliki kualifikasi pendidikan berbeda dan sesuai dengan mata pelajaran yang ada, selanjutnya pegawai struktural berjumlah 88 orang, dan pegawai honorer berjumlah 21 orang.

Tabel 1.2 Sumberdaya Manusia Berdasarkan Tingkat Kualifikasi Pendidikan

No

Kualifikasi Pendidikan

Jumlah

Ket

1

SD

4  Orang

 

2

SMP

3 Orang

 

3

SMA

8 Orang

 

4

D3

1 Orang

 

5

S1

49 Orang

 

6

S2

39 Orang

 

7

S3

2 Orang

 

Jumlah

106 Orang

 

 

Tabel di atas menjelaskan bahwa pegawai LPMP Bengkulu memiliki kualifikasi pendidikan yang berbeda dan sangat variatif, mulai dari tingkat SD sampai strata3, jumlah pegawai yang belum memiliki kualifikasi sarjana berjumlah 16 orang yang, sementara yang memiliki kualifikasi sarjana berjumlah 90 orang. Dengan tingkat pendidikan yang ada pegawai LPMP Bengkulu memiliki sumberdaya manusia yang berkualitas dan mampu melaksanakan semua kegiatan dan program yang telah dirumuskan pada setiap tahunnya. 

  

Tabel 1.3 Sumberdaya Manusia Berdasarkan Subbag/seksi

No

Subbag/seksi

Jumlah

Ket

1

Pejabat Struktural

5 Orang

 

2

Widyaiswara

14 Orang

 

3

Subbag. Umum

51 Orang

 

4

Seksi SI

12 Orang

 

5

Seksi PMS

12 Orang

 

6

Seksi FPMP

12 Orang

 

Jumlah

106 Orang

 

Berdasarkan tabel diatas pembagian tempat tugas telah sesuai dan memenuhi tuntutan tugas yang ada di setiap seksi dan subbag, dan penyebaran jumlah pegawai sesuai dengan jenis pekerjaan yang ditugaskan kepada setiap seksi/subbag.

Sumber daya Manusia LPMP Bengkulu diatas dapat dijelaskan pula ke dalam peta Distribusi di bawah ini:

Tabel 1.4 Distribusi Ketenagakerjaan LPMP Bengkulu Tahun 2016

Pejabat Struktural

No.

Jabatan

Nama/NIP

Pendidikan

Pangkat/Gol

1. 

Kepala

Sa’adahRidwan, M.Pd

NIP 196102111983022001

S2 Fisika

Pembina Tk. I, IV/b

2.

Kasubbag Umum

Hamlan Siregar, S.Pd., M.Pd.

NIP 197610102001121003

S2 Manajemen Pendidikan

Pembina, IV/a

3.

Kasi  PMS

Arhap, SE.,M.Pd.

NIP 196004101986031002

 

 

4.

Kasi  SI

Tuty Ramadanti, SE

NIP 197708162001121001

S1 Ekonomi

Penata Tk.I, III/d

5.

Kasi FPMP

AsdiWarman, M.Pd

NIP 196511131992031001

S2 MSDM

Penata Tk. I, III/d

 

LPMP Bengkulu memiliki 5 pejabat struktural yang terdiri dari 1 kepala yang dibantu oleh 4 Kasi/kasubbag,.

 

 

 

 

Alamat Kami

LPMP Bengkulu
Jl. Zainul Arifin No.2,Singaran Pati,Kota Bengkulu, Bengkulu 38229,Indonesia
+62 736 26848
Website : http://www.lpmpbengkulu.net

Random News
67IMG-20170327-WA0008.jpg

Tahapan Implementasi K-13 Tahun 2017 di ...

Ditulis Pada : 04 April 2017
93IMG-20170603-WA0000[1].jpg

BIMTEK K-13 GURU SASARAN JENJANG SD...

Ditulis Pada : 03 Juni 2017
54DATA PENGAWAS.png

DATA SEKOLAH DI PROV. BENGKULU...

Ditulis Pada : 10 Desember 2017
Statistik Pengunjung
134555
Pengunjung hari ini : 88
Total pengunjung : 45638
Hits hari ini : 290
Total Hits : 134555
Pengunjung Online : 1
Facebook Like