19 Januari 2018

SOSIALISASI BANTUAN PEMERITAH PENDAMPINGAN SEKOLAH PELAKSANA KURIKLU 2013 DAN SEKOLAH MODEL JENJANG

SOSIALISASI BANTUAN PEMERITAH PENDAMPINGAN SEKOLAH PELAKSANA KURIKLU 2013 DAN SEKOLAH MODEL JENJANG

LPMP Bengkulu-- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI), Muhadjir Efendi membuka secara resmi acara Sosialisasi Bantuan Pemerintah Pendamping Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 dan Sekolah Model jenjang SMP, SMA dan SMK se- Provinsi Bengkulu. Kegiatan tersebut berlangsung di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Bengkulu, Minggu 14 Mei 2017.

Dalam sambutannya, Mendikbud Muhadjir memberikan arahan kepada 400 orang perwakilan kepala sekolah dan guru dari Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 dan Sekolah Model jenjang SMP, SMA dan SMK. Muhadjir mewajibkan kepada seluruh Kepala Sekolah dan Dewan Guru se-Provinsi Bengkulu untuk memiliki semangat mengabdi yang kuat, jujur, bekerja sepenuh hati dan profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik.

Saat sosialisasi bantuan pemerintah pendampingan sekolah pelaksana Kurikulum 2013 dan sekolah model jenjang SMP, SMA dan SMK se-Provinsi Bengkulu di Bengkulu, Menteri mengatakan sistem belajar aktif, kritis, dan kreatif menjadi tanggung jawab setiap sekolah. Sekolah kata dia diberikan kebebasan menciptakan suasana belajar dan mengurangi keterlibatan bimbingan belajar dalam mendidik para murid.

Menteri mengatakan dengan delapan jam per hari, belajar di dalam ruangan kelas hanya tiga jam, sedangkan lima jam belajar di luar kelas. Pada hari Sabtu tambahnya, para murid dapat diarahkan untuk kegiatan ekstrakurikuler namun keputusan itu bergantung pada pihak sekolah.

Menurut Menteri, meski kegiatan di sekolah berlangsung selama delapan jam per hari, tidak akan ada penambahan mata pelajaran. "Sekolah ditantang untuk membuat sistem belajar yang menarik dan tidak membuat murid bosan," ucapnya.
Dalam sistem ini kata Menteri, kepala sekolah bertindak selaku manajer yang menggali potensi dan sistem belajar yang efektif, dapat menggali potensi kearifan lokal dan lainnya. Selain itu, sekolah melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) juga dapat mendatangkan seniman, olahragawan, dan pihak lain ke sekolah untuk memberikan pendidikan seni dan olahraga yang mumpuni.

“Wajib bagi seluruh Kepala Sekolah dan Dewan Guru untuk memiliki semangat mengabdi yang kuat, jujur, bekerja dengan hati dan profesional dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai pendidik,” kata Muhadjir.

Menurutnya, sekolah adalah lembaga formal yang bertujuan untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang syarat akan ilmu pengetahuan, keterampilan dan pengusaan teknologi.

“Bekerja maksimal merupakan salah satu kunci kesuksesan peningkatan kualitas dan mutu peserta didik,” pungkasnya. (Dadan Heri)

 

 

 

                                                                                               

 



Tidak ada komentar untuk berita/informasi ini.
Tinggalkan Komentar

Alamat Kami

LPMP Bengkulu
Jl. Zainul Arifin No.2,Singaran Pati,Kota Bengkulu, Bengkulu 38229,Indonesia
+62 736 26848
Website : http://www.lpmpbengkulu.net

Random News
91Pre Test PKB.png

HASIL PRE TEST PKB 2017...

Ditulis Pada : 10 Desember 2017
54desiminisa.jpg

DISEMINASI PEMETAAN MUTU DAN PROFIL SEKO...

Ditulis Pada : 28 Desember 2017
7asesesmen.jpg

ASESMEN DARING (ONLINE) PEGWAI LPMP BENG...

Ditulis Pada : 26 Juli 2017
Statistik Pengunjung
146265
Pengunjung hari ini : 15
Total pengunjung : 48988
Hits hari ini : 49
Total Hits : 146265
Pengunjung Online : 5
Facebook Like